Oleh: Mr. Mustofa | 18 Februari 2010

Teknologi

VIVAnews – Pada ajang GSMA Mobile World Congress di Barcelona, Ericsson berhasil melakukan uji coba LTE/4G dengan kecepatan 1 gigabit per detik untuk downlink.
Demonstrasi untuk pertamakalinya di dunia ini memanfaatkan teknologi Multi Carrier dan Multiple-Input-Multiple-Output, MIMO, dan berjalan pada LTE komersial dari Ericsson. Dengan menggabungkan teknologi tersebut, kecepatan hingga 1 gigabit per detik dapat dicapai.
Demonstrasi menggunakan empat jaringan dengan lebar pita masing-masing 20MHz, sehingga total lebar pita yang digunakan 80MHz dan 4×4 MIMO, data dikirim melalui interface over the air pada empat bit-streamz yang independen.
“Misi kami adalah menghubungkan 50 miliar perangkat pada 2020,” kata Johan Wibergh, Head of Networks and Executive Vice President Ericsson, pada keterangannya, 18 Februari 2010. “Seluruh perangkat seharusnya terhubung menjadi satu,” ucap Wibergh.
Wibergh menambahkan, jika saling terhubung, pasien dapat berkomunikasi dengan rumah sakit dari jarak jauh. Mahasiswa dari daerah terpencil dapat berhubungan dengan universitas di seluruh dunia. “Para pekerja keselamatan akan mengirim video langsung dari wilayah yang terkena bencana demi respon yang lebih efisien,” ucapnya.
Penggunaan pita lebar bergerak, ucap Wibergh, tumbuh sangat cepat karena didukung oleh konsumer yang menggunakan smartphone dan laptop yang terkoneksi ke jaringan nirkabel.
LTE, teknologi komunikasi bergerak masa depan, memungkinkan transfer data berukuran besar secara cepat dengan cara yang efisien dan hemat biaya melalui optimalisasi penggunaan spektrum frekuensi.
Dengan peningkatan kecepatan dan pemangkasan latensi, konsumer dapat menikmati berbagai aplikasi seperti web secara realtime, game online, kolaborasi media sosial, dan konferensi video dengan lebih mudah kapanpun dan di manapun berada. LTE akan memenuhi kebutuhan aplikasi-aplikasi internet bergerak yang baru dan lebih canggih di masa yang akan datang.
Saat ini, Ericsson telah menandatangani kontrak komersial LTE dengan lima operator di dunia yakni AT&T, Verizon, dan MetroPCS di Amerika Serikat, TeliaSonera di Norwegia dan Swedia, serta DoCoMo di Jepang.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: